10 Cara Aman Menggunakan Wifi (Jaringan Wireless)

Dengan dunia akan nirkabel di setiap bidang teknologi, pertanyaan keamanan telah sering diangkat. Hal yang sama berlaku untuk jaringan internet nirkabel atau jaringan Wi-Fi dengan hacker dan penyusup Wi-Fi selalu mencari cara untuk mendapatkan akses ke jaringan tidak aman. Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin melindungi jaringan Wi-Fi Anda. Menonjol di antara mereka termasuk privasi yang lebih baik, tagihan internet berkurang dan lebih cepat kecepatan internet .Ini posting berisi teknik sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa jaringan nirkabel Anda adalah sebagai aman karena mungkin dapat.

10 Cara Aman Menggunakan Wifi (Jaringan Wireless)




Melindungi Anda Jaringan Internet Nirkabel


1) Enkripsi Jaringan Wi-Fi Anda: Bila Anda menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengakses internet, setiap potongan data Anda mengirim dan menerima melalui udara dapat dengan mudah menyadap oleh siapa saja dengan hak mengatur alat. Packet sniffer dapat digunakan oleh bahkan yang paling pemula pengguna untuk mengendus data Anda. Ini berarti bahwa hacker tidak hanya dapat melihat situs web yang Anda mengakses tetapi juga mendapatkan rincian login account pribadi dan profesional.

Enkripsi pada dasarnya melibatkan berebut data yang dikirim dan diterima oleh Anda saat menggunakan jaringan nirkabel. Ini berarti bahwa bahkan jika hacker mencegat transmisi data, (s) ia tidak akan dapat memanfaatkan informasi yang terkandung di dalamnya.

Cara Aman Menggunakan Wifi (Jaringan Wireless)


Ada dua standar enkripsi yang tersedia yang dapat Anda gunakan: WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WPA (Wireless Protected Access). WEP merupakan standar yang lebih tua dari enkripsi dan sekarang dapat dilewati dalam hitungan menit. WPA relatif baru tapi masih memiliki lubang keamanan. Aircrack dan Cowpatty adalah dua alat gratis yang memungkinkan orang untuk dengan mudah retak WEP dan enkripsi WPA menggunakan teknik bruteforce. WPA2 adalah standar terbaru dan apa yang harus Anda gunakan jika Anda ingin tingkat tertinggi perlindungan untuk jaringan nirkabel Anda. Kunci enkripsi yang digunakan berubah setiap kali perangkat mengakses jaringan membuat WPA lebih sulit untuk hack.

Enkripsi yang digunakan oleh semua perangkat di jaringan harus sama untuk jaringan untuk bekerja dengan baik. Jaringan Anda hanya akan aman sebagai sebagai perangkat yang paling aman. Pastikan semua perangkat yang Anda gunakan dukungan enkripsi WPA2. Menggunakan kunci enkripsi yang kuat. Pastikan bahwa itu lebih panjang dari 10 karakter dan mengandung campuran huruf besar dan kecil, angka dan simbol. Jangan menggunakan kata-kata umum dan hal-hal yang orang bisa menebak tentang Anda sebagai password Anda.

2) Ganti password default pada router Anda dengan password yang kuat
: Kesalahan terbesar kebanyakan pengguna internet nirkabel membuat tidak mengubah password default pada router mereka. Hacker memanfaatkan database publik yang berisi password default dan username dari hampir setiap produsen. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengubah pengaturan keamanan router Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Menggunakan sandi yang kuat untuk router Anda memastikan bahwa hacker dan penjahat tidak dapat mengubah pengaturan keamanan jaringan Anda. Untuk mengubah password pada router Anda, kunjungi pengaturan Administrasi pada halaman pengaturan router Anda. Juga, jangan menyimpan password di browser karena mereka dapat dengan mudah dibuat terlihat.

3) Perubahan standar SSID
SSID jaringan Anda atau Service Set Identifier adalah nama jaringan nirkabel Anda. Biasanya, SSID adalah nama dari produsen router bersama dengan nomor model router. Mengubahnya untuk tidak menampilkan informasi ini mencegah Anda dari memberikan informasi tambahan tentang router Anda untuk calon hacker.

4) Jangan broadcast SSID Anda
Menyembunyikan SSID mencegah hacker canggih dan berpengalaman dan penyusup wifi dari menentukan bahwa jaringan Anda ada. Menyembunyikan SSID Anda relatif mudah dan pilihan untuk melakukannya biasanya di bawah pengaturan nirkabel dasar pada halaman pengaturan router Anda. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa perangkat, termasuk yang menjalankan versi yang lebih baru dari Windows, akan menunjukkan setiap jaringan bahkan jika mereka tidak dapat mengidentifikasi namanya. Selain itu, jaringan Anda masih akan berisi SSID di paket data membuat membuka selubung ridiculously mudah dengan alat-alat seperti inSSIDer, Kismet dan CommView untuk WiFi.

5) Gunakan nama menakutkan untuk mencegah pencurian Wi-Fi: Jika jaringan nirkabel Anda memiliki nama seperti C: \ virus.exe, kebanyakan orang yang dinyatakan mungkin mengakses jaringan Anda tidak akan untuk takut mendapatkan perangkat mereka terinfeksi. Anda dapat menggunakan kreativitas Anda untuk menemukan nama yang lebih berbahaya bagi jaringan nirkabel Anda.

6) Perangkat Terhubung Daftar: Hampir setiap router baru akan memiliki halaman yang menampilkan daftar setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Anda harus memeriksa halaman ini secara berkala untuk melihat bahwa perangkat yang tidak dikenal tidak leeching jaringan Anda. Bila Anda melihat perangkat yang tidak dikenal, Anda dapat yakin bahwa seseorang telah melanggar jaringan Anda. Anda dapat mencoba AirSnare, utilitas gratis yang memindai jaringan Anda untuk alamat MAC yang tak terduga dan juga terlihat dalam permintaan DHCP.

7) Matikan jaringan Guest: Sementara kebanyakan router akan memiliki jaringan tamu dinonaktifkan secara default, selalu membayar untuk melihat bahwa Anda mungkin tidak memiliki sengaja diaktifkan itu. Jaringan tamu memungkinkan orang lain untuk mengakses jaringan Anda.

8) Aktifkan alamat MAC filtering berdasarkan: Media Access Control atau alamat MAC mengidentifikasi setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Anda. Alamat MAC adalah kunci alfanumerik yang dipisahkan oleh titik dua. Mengaktifkan penyaringan alamat MAC berdasarkan memungkinkan hanya perangkat yang memiliki MAC tertentu alamat untuk mengakses jaringan Anda. Anda harus memasukkan alamat MAC dari setiap perangkat yang ingin Anda memungkinkan untuk terhubung ke jaringan Anda pada halaman pengaturan router Anda. Hal ini untuk mencegah perangkat yang tidak dikenal dari menghubungkan ke jaringan Anda, bahkan jika mereka tahu password Anda. Untuk menemukan alamat MAC dari komputer Anda, buka command prompt dan jalankan "ipconfig / all" tanpa tanda kutip.

Sementara itu dapat mencegah pengguna berpengalaman dari mendapatkan akses ke jaringan Anda, hacker berpengalaman dan pengguna tingkat lanjut dapat menggunakan penganalisis jaringan nirkabel seperti Nmap dan kemudian mengubah alamat MAC dari komputer dengan yang lain perangkat gratis MAC Pergeseran.

9) Jauhkan firmware Anda up to date: vendor Router teratur merilis update firmware dan mempostingnya di situs Web mereka. Kadang-kadang Anda harus memeriksa situs web produsen untuk melihat apakah update firmware baru telah dirilis. Router baru akan secara otomatis memberitahu Anda ketika firmware baru tersedia.

10) Mengurangi jangkauan sinyal nirkabel: Jika Anda mengurangi jangkauan jaringan nirkabel Anda, akal sehat mengatakan bahwa hal itu akan mencegah hacker yang terletak pada jarak dari mendeteksi jaringan Anda. Ini memiliki keuntungan bahwa jika hacker tidak tahu bahwa jaringan nirkabel ada, mereka tidak akan mencoba untuk masuk ke dalamnya. Anda dapat menempatkan router Anda di tempat-tempat yang akan menghalangi sinyal Wi-Fi. Sementara teknik ini adalah menguntungkan, seorang hacker tertarik pada hacking ke jaringan Anda hanya harus menggunakan antena yang lebih besar untuk mengambil sinyal router Anda. Selain itu, mengurangi jangkauan jaringan nirkabel Anda dapat menyebabkan masalah bagi pengguna asli.

11) Bila tidak menggunakan jaringan internet Anda, mematikannya: ini adalah jelas. Jika Anda tidak menggunakan jaringan Anda, mengubahnya off menghemat dari memberikan waktu ekstra untuk hacker untuk mencoba dan hack ke jaringan nirkabel Anda. Meskipun mungkin tidak praktis untuk mematikan jaringan Anda setiap kali Anda tidak menggunakannya, masih disarankan untuk melakukannya selama periode yang diperpanjang non digunakan.

Jika Anda mengikuti semua teknik ini, jaringan Wi-Fi Anda akan menjadi jauh lebih dilindungi dan hacker akan memiliki waktu yang sulit membobol itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Aman Menggunakan Wifi (Jaringan Wireless)"

Post a Comment

kasih Komentar