4 Penyebab Utama Komputer Tidak Mau Di Shutdown

Kenapa komputer dirumah tidak bisa di shutdown ? Apa tindakan yang anda lakukan jika komputer dirumah tidak bisa Mati?
Mungkin diantara 9 dari 10 orang di dunia bila menemukan masalah diatas, jalan alternatif terakhir adalah mencabut kabel power pada pc.

4 Penyebab Utama Komputer Tidak Mau Di Shutdown

Bila hal ini anda terus anda lakukan maka tidak akan lama lagi komputer anda akan tiada. hehe
Ternyata banyak Pemicu yang menyebabkan komputer tidak mau di shutdown. Diantaranya karena Tidak Supportnya Driver yang terinstall di komputer, Kesalahan Pada hardisk,Power suplay Bermasalah,Rusaknya Chipset pada Pc, Kerusakan Pada sistem operasi windows yang digunakan.

4 Penyebab Utama Komputer Anda Tidak Mau Dimatikan

TIDAK SUPPORTNYA DRIVER PADA PC

Ketika sewaktu selesai menginstall ulang sistem operasi, biasanya masalah komputer tidak mau Dishutdown ini sering muncul, Kenapa ? Karena kemungkinan besar Driver yang anda install di pc tidak support. solusinya silahkan download driver yang support terhadap pc anda. Tetapi sebelum menginstall driver yang sudah didownload, Uninstall dulu driver yang sudah sempat terinstall tadi.

Jika Setelah Menginstall driver anda tidak bisa lagi masuk ke windows, sebaiknya uninstall drivernya dari safe mode, Untuk masuk ke safe mode biasanya bisa dengan menekan tombol F8 Sewaktu komputer baru di hidupkan.

MASALAH PADA HARDISK

 - Hardisk Lemah
Masalah kedua yang menjadi pemicu penyebab Pc anda tidak mau dishutdown adalah Lemahnya hardisk yang ada pada pc, bila hardisk lemah otomatis Semua pekerjaan yang dikerjakan oleh hardisk akan terasa lambat. Lemahnya hardisk Bisa menjadi penyebab komputer tidak mau di shutdown.

- Suhu Hardisk Terlalu Panas
Suhu yang panas juga sangat mempengaruhi kinerja pada hardisk, bila suhu sudah melebihi batas perfoma hardisk otomatis perputaran hardisk tidak akan stabil. solusi jika suhu hardisk terlalu panas, sebaiknya gunakan kipas tambahan arahkan kipas pada bagian papan pcb hardisk.

- Adanya Bad Sector Pada Hardisk
Bad sector merupakan Kerusakan pada bagian Plat hardisk yang dapat menyebabkan lumpuhnya beberapa sektor pada hardisk. Bad sector hardisk juga sangat mempengaruhi windows anda tidak mau dishutdown.
Beberapa penyebab hardisk anda badsector yaitu :
=> Mungkin hardisk anda sudah tua
=> Komputer sering mati Sendiri
=> Bertumpuknya data pada hardisk , dll

 POWER SUPLAY RUSAK

4 Penyebab Utama Komputer Tidak Mau Di Shutdown

Power suplay Merupakan Hardware yang berfungsi mengalirkan arus ke seluruh bagian pc sehingga pc dapat bekerja seperti yang kita gunakan sampai sekarang ini.
Penyebab lain yang membuat komputer anda tidak mau mati adalah adanya kerusakan pada bagian dalam power suplay, sehingga arus yang disuplay tidak maksimal yang dapat menyebabkan windows tidak bisa di shutdown. Solusinya ganti power suplay anda .

RUSAKNYA CHIPSET PADA PC

Chipset merupakan Otak kedua komputer yang mengatur semua pekerjaan komputer mulai dari input-process-hingga output.
chipset sangat berperan penting didalam suatu pc. jadi jika chipset pada pc anda bermasalah, kemungkinan besar chipset inilah yang menyebabkan komputer anda tidak mau di shutdown.

Bila anda sudah yakin yang bermasalah itu adalah chipset, sebaiknya bawa saja ke tempat service di kota anda. biasanya jika kerusakan chipset pada motherboard laptop kisaran biaya yang anda keluarkan sekitar Rp. 650 -700 ribuan.

SISTEM OPERASI RUSAK

Sistem operasi merupakan Jembatan penghubung antara pengguna dengan komputer yang saling terhubung antara hardware yang satu dengan yang lain.
Nah, bila sistem operasi anda rusak, ada kemungkinan sistem pada hardisk tidak bekerja secara optimal yang memungkinkan komputer anda tidak bisa di shutdown.

Kalau anda sudah Melakukan test mulai dari Melakukan cek pada sistem operasi hingga cek terhadap Hardware diatas, memungkinkan komputer anda akan bisa normal kembali .
Dan bila Anda masih tetap menemui masalah komputer tidak dapat dishutdown silahkan tinggalkan komentar anda.

Sampai disini dulu artikel mengenai 4 penyebab utama komputer anda tidak mau di shutdown, bila ada keluhan silahkan contact saya, atau langsung berkomentar pada kotak komentar keren yang ada dibawah ini. 
Baca juga  Cara Mengconvert Hardisk Gpt ke Mbr Tanpa Memformat Hardisk 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Penyebab Utama Komputer Tidak Mau Di Shutdown"

Post a Comment

kasih Komentar