Hal-hal yang harus diperhatikan Sewaktu membeli hardisk

cara menguji hardisk

hal yang harus diperhatikan didalam memilih hardisk sangatlah penting, Banyak orang yang tidak mengerti Betapa banyaknya masalah-masalah yang timbul akibat kelalaian kita sewaktu membeli hardisk.
Bagi seorang pemula tips ini berguna buat anda, jika sewaktu-waktu anda ingin membeli perlengkapan komputer anda dirumah ataupun dikantor ,sebaiknya baca dulu tips ini agar anda tidak kecewa nantinya. Lakukan langkah-langkah pengujian hardisk dibawah ini

Menguji hardisk dengan cara Test detect
Jika anda tidak mengerti bagaimana cara menguji hardisk, Sebaiknya cari orang yang paham dibidang hardware komputer untuk Nge-test hardisk anda. Cara memastikan hardisk yang anda beli terdetect atau tidak, Coba anda masuk ke bios komputer anda. Caranya tekan Dell pada Keyboar sewaktu Cpu masih dalam keadaan post (power on self test) . Pos merupakan Proses loadingPertama kalinya komputer dihidupkan. Dalam arti apabila hardisk sudah terhubung kemudian hidupkan Cpu kemudian tekan dell untuk masuk bios (untuk bios versi lain tekan F2) .
Bila sudah masuk bios, Tekan enter pada Standard cmos features kemudian lihat apakah hardisk anda sudah di detect atau belum. Kalau belum ganti kabel data hardisk anda dan ulangi langkah diatas.

Menguji hardisk Pada saat Post (power onself test)
Seperti yang saya jelaskan diatas, ketika hardisk sudah terhubung dan komputer dihidupkan maka disini Tidak disarankan untuk Menekan Tombol dell karena di tahap ini kita menguji apakan hardisk anda BAD atau Tidak.
Kalau Hardisk anda bad maka di monitor akan ditunjukkan tulisan Text seperti ini : Hardrive Bad
Ketika itu komputer akan meminta untukmenekan F1, Disinilah kita dapat menyimpulkan bahwa hardisk yang anda beli tadi sudah Bad sector (sektor hardisknya sudah bermasalah). Saya sarankan sebaiknya jangan membeli hardisk yang sudah bad sektor.

Menguji hardisk dengan cara Test install
Ada hardisk yang Bisa terdetect dan Tidak bad sector, tetapi sewaktu di install terjadi masalah.
Disini saya lebih menyarankan menggunakan metode yang ini, karena tujuan utama hardisk yang pertama yaitu sebagai tempat untuk sistem operasi. Maka dari itu pada proses ini hardisk akan diuji mulai dari kinerjanya hingga kepanasan hardisk anda. Apabila hardisk yang anda beli memiliki kinerja cepat akan tetapi suhunya panas, sebaiknya Lakukan pergantian hardisk anda. Biasanya hardisk baru dikasi garansi 1 Tahun, dari pada data anda yang akan jadi korban apa salahnya anda menggantikan ke toko tempat anda membeli hardisk tsb?

Itulahh tips memilih hardisk yang baik dan benar yang dapat saya tuliskan untuk anda, semoga dapat membantu anda. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-hal yang harus diperhatikan Sewaktu membeli hardisk"

Post a Comment

kasih Komentar