Tips Membeli Power Suplay Yang Baik

Sebelum anda membeli power suplay di pasaran, ada baiknya anda membaca tips memilih power suplay yang benar di bawah ini agar nantinya anda tidak akan kecewa dengan power suplay baru anda. Berbagai macam Merek dari power suplay sudah banyak beredar dipasaran, Mulai dari Power logic, Suncase, Mentari  Power, Advance, dll dan Semua merek memiliki tegangan masing-masing yaitu ada yang 180 w, 250 w, 450 w, hingga 500 w dan Ada juga diatasnya. Terserah Anda yang mana yang ingin anda beli.
Tapi ingat : Untuk Daya pada power suplay biasanya bukan daya murni 
Contoh : Power suplay 500 w Bukan mengeluarkan daya 500 w melainkan dibawahnya
Maka untuk jika anda ingin membeli Power suplay yang tegangan dayanya murni, Tanyakan kepada penjualnya apakah Yang anda beli daya murni atau tidak. 
Baiklah Untuk yang sudah biasa membeli power suplay mungkin sudah tau cara-cara test power suplay yang baik dan benar dan bagi anda seorang pemula untuk dapat memahami tata cara pemilihan power suplay yang baik sebaiknya baca artikel ini hingga selesai .

Memilih power suplay yang baik


Cara Test Power Suplay Menggunakan Kabel
Bahan Yang diperlukan :
  • Kabel Sepanjang 5-10 cm/Kawat Timah
  • Kabel Power Untuk P.suplay

Untuk Test power suplay dengan metode kabel diperlukan sedikit kabel untuk mengubungkan Pin yang satu dengan lainnya, Kabel yang diperlukan hanya 5-10 cm saja atau kawat timah juga bisa kog.
Dalam Tahap Test dengan menggunakan kabel ini Biasanya setelah anda Menghubungkan powersuplay dengan listrik, Maka tegangan Listrik Yang dikeluarkan Powersuplay Sudah Lemah. Tapi sebaiknya anda Tetap berhati-hati Dalam Tahap Test power suplay ini.
Setelah Anda sudah memiliki Bahan-bahan diatas, maka lakukan langkah test power suplay dibawah ini:
  1. Hubungkan kabel power anda ke power suplay
  2. Setelah itu, Hubungkan Listrik dengan Kabel power
  3. Selanjutnya, Hubungkan Kabel Pin pada power suplay yaitu, kabel Warna Hijau Dengan kabel Hitam (lihat gambar dibawah ini).
    Memilih power suplay yang baik
  4. Terakhir Lihat apakah Power suplay anda Hidup atau Tidak, Jika hidup Berarti P.suplay yang anda Test masih dalam keadaan baik dan sebaliknya jika mati berarti kondisi power suplaynya sudah bermasalah (rusak) .
Cara Test Power Suplay dengan Cara Menghubungkan Ke Motherboard
Bagi Para Teknisi Seperti saya ini biasanya menggunakan metode ini, Karena Biasanya Banyak Power suplay yang Hidup Tapi Setelah dipasang ke Kompi, Kompinya kog tidak ada Tampilan?
Maka dari itu, jika anda Masih semangat ingin melakukan cara kedua ini maka kita lanjutkan Cara Menghubungkan Power suplay ke motherboard :
Alat dan Bahan yaitu :
  • Motherboard/Pc yang Bagus
  • Obeng
  • P.suplay
  • Lcd/Monitor
Cara Test Power suplay ke Cpu /mobo
Jika alat dan Bahan Sudah Terkumpul maka Lakukan Langkah dibawah ini:
  1. Hubungkan Pin Power 24 Pin Pada Power Suplay Ke Slot di Motherboard (Gambar diatas adalah Pin Power)
  2. Setelah itu Hubungkan juga 4 Pin Power dari Power suplay ke Motherboard (Lihat Gambar dibawah )
    Memilih power suplay yang baik
  3. Kemudian Hubungkan Kabel Power dengan Listrik (Kabel Vga Ke Lcd Sudah harus Tercolok)
  4. Hidupkan Lcd anda dan Tekan Tombol Power Cpu
  5. Perhatikan, Jika Muncul Tampilan Berarti P.suplay anda dalam keadaan baik Dan sebaliknya Jika Tidak Muncul Tampilan Coba Ulangi Lnagkah 1 diatas dan coba Hidupkan kembali.
  6. Jika tetap Tidak ada Tampilan Maka Dapat disimpulkan Powersuplay Anda yang bermasalah/rusak.
Sekian dulu Artikel kali ini semoga Bermanfaat buat Semuanya Dan Jika ada yang kurang jelas Silahkan Tinggalkan Komentar anda,Terimakasih & salam Teknisi Online.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membeli Power Suplay Yang Baik"

Post a Comment

kasih Komentar